oleh

Corona, Senama Tapi Tak Serupa

SEMANGAT45.net – Menyebut nama corona orang pasti membayangkan dengan wabah virus yang sedang dialami tak hanya di Indonesia, bahkan sudah menjadi pandemi ini.

Namun, corona kali ini tak ada hubungannya sama sekali dengan nama virus yang masih belum ditemukan obatnya itu hingga kini. Corona ini adalah sebuah mobil yang diproduksi oleh Toyota Motor Corporation sejak tahun 1957 hingga 2003.

Tak hanya populer di negara-negara Asia, mobil pabrikan asal negeri Sakura Jepang ini juga banyak diminati oleh masyarakat Eropa dan Amerika.

Nama Corona sendiri dambil dari bahasa Latin. Jika dalam bahasa Inggris, Corona berarti crown. Nama Corona dipakai hanya untuk Asia, sementara untuk pasar Eropa dikenal dengan nama Carina.

Di Indonesia sendiri, saking populernya mobil jenis sedan Toyota Corona ini bahkan sampai dijadikan sebuah judul lagu yang dinyanyikan oleh seorang Ratu Dangdut Elvy Sukaesih sekitar tahun 1972.

Dilansir dari beberapa sumber, Toyota Corona pertama kali hadir pada era 1957 di Jepang yang memiliki kode sasis T10 bermesin 995cc. Secara keseluruhan, Toyota mengembangkan 9 generasi Corona hingga akhirnya punah dari peredaran.

Corona generasi ke-3 yang menjadikan sejarah pertama mobil Toyota dijual di Inggris dan laris manis di Amerika Serikat. Generasi yang lahir tahun 1964 inilah Toyota mulai menjual Corona secara global, ditawarkan dengan model sedan empat pintu, coupe dua pintu, liftback, serta wagon.

Meski modelnya beragam, namun jantung pacunya hanya satu pilihan, yakni mesin bensin dengan pengabutan karburator 1.500 cc. Sedan ini juga sempat dibuatkan versi mewahnya dengan spesifikasi yang lebih canggih dengan nama Corona Mark II pada tahun 1968.

Sedangkan untuk pasar Indonesia, hadir pertama kali yakni jenis Corona generasi ke-4. Mobil ini dirakit di Tanjung Priok, Jakarta oleh PT Toyota Astra Motor dan diproduksi mulai dari tahun 1970 hingga 1973. Toyota menempatkan sedan Corona sebagai ‘kakak’ dari Corolla karena memiliki dimensi bodi yang lebih besar.

Baca juga  BSA M20, Motor Klasik Saksi Sejarah PD II

Produksi Corona berlanjut hingga dilahirkannya Corona generasi ke-9 atau yang lebih familiar disapa dengan Corona Absolute pada tahun 1993. Sedan jenis ini juga pernah dipakai untuk kendaraan dinas TNI AL dan TNI AD.

Model dengan kode sasis T190 ini merupakan akhir dari produksi Corona di Indonesia sebelum Toyota menggantinya dengan model Camry yang dimulai dari tahun 1999. (*)

Komentar

News Feed