oleh

Tanamkan Nasionalisme, Yayasan Khadijah Surabaya Gelar Jalan Sehat Kemerdekaan

Surabaya, SEMANGAT45.net – Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke-74, sekaligus Harlah (Hari Lahir) yang ke-65, Yayasan Taman Pendidikan dan Sosial Nahdlatul Ulama (YTPS NU) Khadijah Surabaya menggelar kegiatan Jalan Sehat pada Sabtu (24/8) pagi.

“Yayasan Khadijah bersama unit yang di bawahnya mulai KB, TK, SD, SMP, sampai SMA mengadakan acara jalan sehat untuk memperingati keduanya (HUT Kemerdekaan RI dan Harlah Yayasan Khadijah),” jelas Kepala SD Khadijah Syifa’ul Khoir SAg, MFil I.

Syifa’ menuturkan bahwa kegiatan jalan sehat ini merupakan penutup dari rangkaian kegiatan-kegiatan sebelumnya, yakni lomba-lomba dan upacara 17 Agustus. Mulai dari lomba-lomba khas agustusan (balap karung, makan kerupuk dll) hingga lomba literasi dengan mengarang tentang kepahlawanan tokoh-tokoh pejuang NKRI.

Ia juga menerangkan ada lomba yang sifatnya network, yakni lomba yang bukan bersifat individu, namun bersifat kelompok mengajarkan mereka pentingnya kerja sama dalam tim. Bagaimana sulitnya para pejuang dulu mempertahankan kemerdekaan negara RI.

“Yakni dengan cara berjuang bareng (bersama). Kalau sendiri-sendiri tidak akan sukses. oleh karena itu mereka (anak-anak) harus mengutamakan kekuatan kelompok atau network ini,” terang Syifa’.

“Inti dari kegitan Jalan Sehat ini, pertama, menanamkan sifat dan karakter nasionalisme kepada anak-anak yang digagas oleh pemerintah. Jadi, anak-anak mulai dini mulai KB, TK hingga yang mau kuliah yakni anak-anak SMA kita tanamkan rasa cinta terhadap tanah air Indonesia,” sambungnya.

Dalam kesempatan ini, Syifa juga menyampaikan amanat Ketua I Yayasan Khadijah Surabaya Prof Surahmat saat memimpin upacara 17 Agustus 2019. Bahwa inti untuk mengisi kemerdekaan ini anak-anak ditekankan harus belajar keras dan cerdas sampai tuntas tanpa putus asa sampai menjadi seorang pemimpin bagi nusa dan bangsa.

Baca juga  Kecam Penembakan di Masjid New Zealand, SMPM 11 Surabaya Gelar Aksi Teatrikal

“Dan juga istiqamah. Istiqamah dalam hal ini karena mereka seorang pelajar yang tugas-tugasnya belajar. Jangan lupa mereka harus tahu untuk berdoa kepada Tuhan YME, Allah SWT,” sebut Syifa’ menirukan kata-kata Ketua I Yayasan Khadijah Surabaya.

Peserta jalan sehat kali ini sebanyak 3.000 orang mulai dari anak-anak KB sampai SMA, para guru, serta seluruh karyawan semuanya. Mulai dari sekolah Khadijah di Surabaya bagian selatan, tengah, barat, dan timur.

Di akhir acara, panitia menyediakan hadiah-hadiah melalui undian kupon yang sebelumnya dikumpulkan terlebih dahulu. Acara jalan sehat kali ini, panitia menyediakan 10 hadiah utama dan 60 hadiah hiburan.Hadiah utamanya mulai dari yang harganya ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah, yakni kipas angin, rice cooker, kompor gas, TV LED, sepeda gunung, mesin cuci, kulkas, hinga sepeda motor. (*)

Komentar

News Feed