oleh

BSA M20, Motor Klasik Saksi Sejarah PD II

SEMANGAT45.net – Bagi anda para penggemar atau bahkan kolektor sepeda motor klasik, pasti sudah tidak asing lagi jika mendengar nama BSA.

Ya, BSA (Birmingham Small Arms) merupakan salah satu pabrikan motor lawas asal Inggris yang masih eksis hingga saat ini bersama Triumph, Ariel, Norton, serta Royal Enfield.

BSA dikenal memiliki berbagai produk motor yang bermutu selama era perang dunia ke dua, salah satunya model M20. BSA M20 merupakan motor yang dibuat sekitar tahun 1930-an.

Awalnya sempat dipandang sebagai produk gagal. Tapi, nyatanya motor ini berkembang menjadi sepeda motor yang paling lama melayani militer Inggris dalam Perang Dunia II. Tercatat, BSA memproduksi sekitar 126.000 unit model M20 untuk kepentingan perang.

BSA didesain mulai tahun 1937 dengan model M20 sebagai sepeda motor bersespan dan memiliki mesin silinder tunggal berkapasitas 500cc. Model awal M20 untuk militer juga dibekali dengan prop berduri panjang yang berdiri di sisi belakang.

BSA juga mengekspor model M20 ini ke Swedia, Afrika Selatan, dan India untuk keperluan sipil, selain untuk melayani kebutuhan militer Inggris.

Untuk kebutuhan sipil diproduksi pada tahun 1955 dan dibekali dengan mesin tipe 4-langkah, silinder tunggal, side valve, berkapasitas 496cc dan berpendingin udara. BSA M20 versi sipil ini diklaim mampu meletupkan daya maksimal 9,6 kW atau 13 HP pada putaran 4.200 rpm.

Namun sayang, setelah bertahan kurang lebih 24 tahun lamanya, model BSA M20 akhirnya harus berhenti produksi pada tahun 1961. Hingga kini, sepeda motor antik ini pun masih banyak yang berkeliaran di penjuru dunia. (*)

Sumber: motorplus.gridoto.com

Komentar